Selamat Datang

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Landak

Pj. Bupati Landak Hadiri Kegiatan Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan Kalimantan Barat

Pj. Bupati Landak Hadiri Kegiatan Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan Kalimantan Barat

LANDAK – Pj. Bupati Landak Samuel menghadiri Kegiatan Kegiatan Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Kalimantan Barat yang diselenggarakan oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalimantan Barat bersama Bank Indonesia, di Aula Kenang Bandong, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat, Pontianak. Senin (19-09-2022).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat, Para Kepala OPD Provinsi Kalimantan Barat, Perwakilan Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Bupati/Walikota se-Kalimantan Barat, Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Landak Samuel menyampaikan sesuai dengan arahan dari Bapak Gubernur Kalimantan Barat agar semua daerah untuk memperhatikan penyumbang-penyumbang inflasi pangan di daerahnya masing-masing.

“Apa saja bahan pangan yang tidak tersedia di daerah tersebut agar segera diatasi, contohnya dengan mendatangkan dari daerah lain atau memproduksi sendiri,” ujar Samuel.

Lebih lanjut Samuel menyampaikan bahwa ini akan menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Landak yang nantinya melalui OPD terkait akan didorong untuk membuat program dan kegiatan sehingga tingkat inflasi pangan di Kabupaten Landak bisa terkendali.

“Jika bisa, kita memproduksi sendiri jenis-jenis pangan tersebut agar bisa memenuhi kebutuhan pangan di Kabupaten Landak. Sedangkan untuk bahan pangan yang tidak bisa kita produksi sendiri, nantinya rantai pasokannya juga harus diperhatikan. Kita bisa datangkan dari daerah lain yang merupakan daerah penghasil komoditi tersebut untuk memenuhi kebutuhan jenis pangan yang tidak bisa kita produksi atau kurang di Kabupaten Landak,” jelas Samuel.

Samuel juga menyampaikan bahwa di Kabupaten Landak untuk ketersediaan pangan secara umum sudah cukup dan tersedia.

“Salah satu bahan pangan yang mungkin masih agak susah di Kabupaten Landak ini mungkin cabai karena kita masih mendatangkan dari luar, namun untuk harga cabai tersebut di Kabupaten Landak masih cukup terjaga,” tutur Samuel.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kalimantan Barat Sutarmidji, dalam arahan yang disampaikan, terdapat 3 (tiga) poin penting yaitu pentingnya akurasi data, pentingnya memahami pemetaan karakteristik daerah dan juga meng-highlight untuk beberapa daerah yang mungkin punya potensi bencana agar bisa dengan cepat ditanggulangi atau menetapkan status tanggap darurat bencana daerah sehingga bisa teratasi lebih awal.

“Mari kita bersama-sama menjaga supaya Kalimantan Barat ini termasuk daerah yang bisa membuat inflasi itu dibawah rata-rata nasional. Sekarang kita tidak termasuk 27 provinsi yang inflasinya diatas rata-rata nasional dan mudah-mudahan ini bisa kita jaga,” himbau Sutarmidji.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penandatanganan Komitmen Bersama oleh Bupati/Walikota se-Kalimantan Barat dan foto bersama.

admin_diskominfo

Leave a Reply

Proudly powered by WordPress | Theme: Chilly by SpiceThemes