Selamat Datang

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Landak

Pj Bupati Landak Hadiri Perayaan Ekaristi Kaum Muda (EKM) Se-Paroki Salib Suci Ngabang

Pj Bupati Landak Hadiri Perayaan Ekaristi Kaum Muda (EKM) Se-Paroki Salib Suci Ngabang

LANDAK – Pj. Bupati Landak Samuel menghadiri Perayaan Ekaristi Kaum Muda (EKM) Se-Paroki Salib Suci Ngabang dengan mengusung tema Talk Less, More Action. Bertempat di Gereja St. Petrus Stasi Ladangan Pal 20, Kecamatan Ngabang. Minggu (11-09-2022).

Turut hadir Anggota DPRD Kabupaten Landak, Para Pastor OMK Paroki Salib Suci Ngabang, para Suster, Camat Ngabang atau yang mewakili, Kepala Desa Amboyo Selatan, tokoh agama, tokoh masyarakat, Orang Muda Katolik Se-Paroki Salib Suci Ngabang, dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Landak Samuel menyatakan bahwa dirinya sangat mendukung kegiatan Ekaristi Kaum Muda (EKM) Katolik ini. Dirinya juga memberikan apresiasi terhadap keikutsertaan para kaum muda ini karena kaum muda adalah segala-galanya. Kaum muda adalah pusat kekuatan dan kaum mud aini adalah kaum yang sangat menentukan.

“Keterlibatan kaum muda dan berperan aktif dalam berorganisasi sangat diharapkan. Oleh karena itu, jika kaum mudanya proaktif, energik, dan mau terlibat secara aktif, maka organisasi apapun pasti akan berkembang, termasuk di gereja. Kalau orang mudanya energik dan mau terlibat aktif dalam kegiatan positif, maka gereja, organisasi, ataupun daerah tersebut akan berkembang,” ujar Samuel.

Lebih lanjut Samuel mengatakan kegiatan ini sebagai ajang pertemuan kaum muda se-Paroki Salib Suci Ngabang agar bisa saling berinteraksi, mendukung, dan berdiskusi untuk memberikan sumbangsih, tenaga, potensi, dan talenta yang dimiliki untuk kemajuan bangsa dan negara, khususnya untuk kemajuan gereja.

“Tadi Pastor juga menyebutkan bahwa kaum muda adalah agen perubahan. Diharapkan para kaum muda untuk senantiasa memberikan sumbangsih, tenaga, potensi, dan talenta yang dimiliki untuk kemajuan bangsa dan negara, khususnya untuk kemajuan gereja,” ucap Samuel.

Samuel berharap kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi dan saling mengenal, mendukung, menguatkan, serta saling memberi masukan sehingga pada akhirnya kegiatan pemuda ini akan nampak dan sangat membantu perkembangan umat dan gereja. Diharapkan pula para kaum muda mau terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan di gereja seperti menjadi atau mengikuti kegiatan atau menjadi anggota koor.

“Tadi saya mendengar anggota koornya bagus sekali suaranya. Ini adalah salah satu sumbangsih dari kaum muda. Jika para kaum muda mau memberikan sumbangsih dan peran aktif dalam kegiatan gereja, contohnya dalam kegiatan koor, maka kegiatan Ekaristi pun akan meriah dengan koor yang suaranya bagus dan kompak. Sehingga nantinya para umat akan rajin dan semangat untuk ke gereja. Nah, di tangan pemuda-pemuda inilah potensi-potensi itu supaya disalurkan. Ini merupakan salah satu contoh kecil dari keterlibatan kaum muda,” tutur Samuel.

Samuel juga mengingatkan untuk kaum muda yang lainnya juga turut aktif dalam membantu para pastor dan suster dalam membina umat. Jadi, gunakan kesempatan ini untuk saling mendukung, dan menguatkan. Karena sekarang ini banyak pengaruh-pengaruh negatif yang ada di masyarakat, seperti narkoba.

“Jauhi narkoba karena itu akan merusak masa depan kalian sebagai kaum muda. Untuk menjauhinya makanya terlibatlah dan aktif dalam kegiatan-kegiatan keagamaan seperti ini, contohnya kegiatan-kegiatan gereja yang positif seperti ini,” terang Samuel.

Samuel menyampaikan bahwa Pemerintah mendukung kegiatan ini dan berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas seremoni, tetapi juga diimplementasikan di lingkungannya masing-masing.

“Semoga kegiatan ini bisa berjalan baik dan lancar, pemerintah tetap mendukung kegiatan-kegiatan seperi ini karena ini adalah salah satu dari kegiatan-kegiatan yang sangat positif yang bisa membantu Pemerintah untuk ikut mengembangkan kegiatan keagamaan di daerah masing-masing,” harapny.

Tidak lupa Samuel berpesan kepada para kaum muda untuk memberikan potensi dan energi positif yang dimiliki untuk kemajuan bangsa, negara dan agama serta menjadi harapan para orangtua juga jika para kaum muda bisa menjadi berguna bagi agama, bangsa dan negara.

“Jadi sekali lagi saya berharap dan menaruh perhatian yang cukup besar kepada kaum muda Katolik, karena di tangan kalianlah perkembangan bangsa dan negara terutama gereja ini ditentukan. Kalau kaum mudanya kuat, energik, dan aktif tentu gereja akan berkembang dengan pesat yang kemudian daerah tersebut akan pesat pembangunannya dan tentu pada akhirnya kesejahteraan masyarakat akan tercapai. Silakan salurkan energi positif, potensi, dan talenta-talenta positif untuk kemajuan agama, bangsa, dan negara. Semoga apa yang kalian dapatkan di kegiatan ini dapat ditularkan ke dalam kehidupan sehari-hari,” tutup Samuel.

admin_diskominfo

Leave a Reply

Proudly powered by WordPress | Theme: Chilly by SpiceThemes