Selamat Datang

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Landak

Pj. Bupati Landak Membuka Acara Gelar Budaya Robo-Robo di Kecamatan Mempawah Hulu

Pj. Bupati Landak Membuka Acara Gelar Budaya Robo-Robo di Kecamatan Mempawah Hulu

LANDAK – Pj. Bupati Landak Samuel membuka Acara Gelar Budaya Robo-Robo dan Menyongsong HUT TNI Yang Ke-77. Bertempat di Rumah Adat Melayu Karangan, Kecamatan Mempawah Hulu. Rabu (21-09-2022).

Hadir Ketua DPRD Kabupaten Landak Heri Saman yang juga Ketua DAD Kabupaten Landak, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Landak Margareta beserta anggota, Mantan Wakil Bupati Landak Agustinus Sukiman, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Landak, Keluarga Besar Pijak Melayu Trah Kesultanan Kalimantan Barat beserta rombongan, Pijak Melayu Kecamatan Sadaniang beserta rombongan, Forkopimcam Mempawah Hulu, Kepala Desa Karangan, Ketua DAD Kecamatan Mempawah Hulu, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat Kecamatan Mempawah Hulu, dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Landak Samuel menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Landak sangat menyambut baik kegiatan ini yang merupakan salah satu upaya bersama dalam melestarikan adat dan budaya yang dimiliki dan telah dilaksanakan secara turun temurun.

“Saya sebagai Penjabat Bupati Landak sangat menyambut baik Gelar Robo-Robo yang sudah diadakan secara rutin setiap tahunnya, Ini merupakan upaya kita dalam melestarikan budaya dan adat yang selama ini sudah dilaksanakan,” ujar Samuel.

Lebih lanjut, Samuel berharap dengan kegiatan ini semangat kekeluargaan di Kecamatan Mempawah Hulu, khususnya di Desa Karangan, dapat terjalin dan menjadi ajang silaturahmi antar sesama masyarakat.

“Ini adalah upaya dari kita semua mulai dari panitia hingga masyarakat di Kecamatan Mempawah Hulu untuk melestarikan budaya. Karena kalau kita tidak melestarikan budaya kita, nantinya anak cucu kita tidak akan mengerti tradisi-tradisi sakral yang sudah dilaksanakan sejak bertahun-tahun atau berabad-abad yang lalu,” terang Samuel.

Samuel juga mengatakan nantinya Gelar Budaya Robo-Robo ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya serta dilaksanakan dan dikemas dengan lebih baik lagi untuk tahun-tahun kedepan.

“Tadi telah disampaikan bahwa hakekat dari acara robo-robo ini adalah untuk tolak bala, jadi diharapkan dengan kegiatan ini segala malapetaka, marabahaya, atau ancaman bencana tidak terjadi di Kabupaten Landak terkhususnya di Kecamatan Mempawah Hulu,” ucap Samuel.

Pj. Bupati Landak itu juga meminta kedepannya kegiatan ini dapat dirangkaikan dengan kegiatan-kegiatan positif lainnya dari masyarakat.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Landak mendukung seluruh kegiatan-kegiatan masyarakat yang memang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai budaya, dan adat yang memang harus kita lestarikan. Budaya dan adat adalah warisan yang tidak bisa kita nilai harganya. Budaya adalah pemersatu masyarakat,” tutur Samuel.

Ia menyatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Landak mengucapkan selamat atas terselenggaranya acara Gelar Robo-Robo ini dan berharap tali silaturahmi bisa terjaga dan warisan budaya dapat kita lestarikan terus hingga ke anak cucu kita di masa yang akan datang.

“Jadi harapan saya semoga kegiatan ini bisa berjalan baik dan lancar. Ini adalah salah satu ajang silaturahmi dari seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama bergembira merayakan budaya ini. dan juga bersama-sama menyalurkan ide-ide positif dan konstruktif sesama masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Samuel mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama mendukung suasana yang kondusif di masyarakat dan memajukan Kabupaten Landak dengan mendukung segala program dan kegiatan yang telah direncanakan dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Landak.

“Bersinergi dengan TNI/Polri dan seluruh komponen masyarakat sehingga nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Landak yang juga termasuk di Kecamatan Mempawah Hulu sehingga bisa berjalan baik dan lancar. Pemerintah meminta dukungan dari seluruh komponen masyarakat untuk menciptakan suasana yang kondusif sehingga kegiatan pembangunan, kemasyarakatan, dan sosial di seluruh Kabupaten Landak bisa berjalan dengan baik dan lancar yang tentunya tidak terlepas dari dukungan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat,” tutup Samuel.

( Diskominfo Kab. Landak )

admin_diskominfo

Leave a Reply

Proudly powered by WordPress | Theme: Chilly by SpiceThemes